Kamis, 30 Oktober 2014

ELEGI ASAL MUASAL FILSAFAT



Refleksi dari Perkuliahan Filsafat Ilmu untuk Prodi S2 Pend. Matematika Kelas C di Ruang 201 A PPS Lama UNY Oleh Prof. Dr. Marsigit M.A, Jum’at, 10 Oktober 2014

Allah SWT menciptakan manusia sebagai khalifah bumi . Sebagai khalifah bumi, ia diberi kebebasan untuk mengelola dan memanfaatkan bumi agar hidupnya menjadi mudah dan tenang, dengan syarat tidak merusak keseimbangan alamnya. “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash [28] : 77). Untuk itulah manusia memerlukan ilmu. Hanya dengan akal dan keimanan sajalah manusia akan berhasil menggali ilmu yang menuju kebenaran. “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadillah [58] : 11).
Filsafat, salah satunya dalah filsafat ilmu. Yang ada dan yang mungkin ada. Objeknya yaitu yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada dan yang mungkin ada, ia memiliki sebuah sifat dan sifatnya juga meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Salah satu sifat dari objek filsafat yaitu yang ada dan mungkin ada adalah sifat yang tetap dan yang berubah. Bagaimana dari 1 hal kita bisa membangun dunia?,,contohnya, yang tetap itu : segala sesuatu itu tidak bisa berubah tempat. Manusia ya tetap manusia tidak bisa jadi rumput. Rumput ya rumput ,tidak bisa jadi manusia. Manusia sebagai umat Tuhan. Manusia butuh makan. Jika kita hanya meyakini seperti itu, amak lahirlah permenidesiasi. Maka yang tetap itu tesis maka antitesisnya adalah yang berubah. maka Aliran dari yang bersifat berubah adalah heraditosiasi. Ada sifat lagi yaitu satu melahirkan monisme, dua melahirkan dualism dan banyak melahirkan pluralisme. Masih banyak sifat-sifat lain, dimana sifat-sifat itu akan melahirkan atau menemukan lautan kehidupan /ide, sekarang /kontemporer. Contoh seekor ikan yang berada di air.  Filsafat itu adalah sensor. Sensor untuk mendeteksi air yang tercemar.
Sifat yang harmoni. Contoh: keluarga. Didalamnya terdapat sensor. Sensor untuk menegathui ruang dan waktu. Yang ada dan yang mungkin ada  terdapat dalam pikiran. Sifat Ada dan yang mungkin ada terdapat diluar pikiran. Yang ada didaalm pikiran itu lah platoisme. Tidaklah ada ilmu kalau tidak berdasar pada rasio, pengalaman. Sinterik bias diperiodikan Ilmu itu adalah sintetik apriodik. Setinggi tinggi nya senjata sebetulnya adalah pengeatuhuan ideal. Formal sifatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar