Kamis, 30 Oktober 2014

ELEGI FILSAFAT



Refleksi dari Perkuliahan Filsafat Ilmu untuk Prodi S2 Pend. Matematika Kelas C di Ruang 201 A PPS Lama UNY Oleh Prof. Dr. Marsigit M.A, Jum’at, 17 Oktober 2014

Menurut Imanuel Kant , Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
1.                  Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
2.                  Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
3.                  Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
4.                 Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi )
Ketika ada pertanyaan, Yang pertama selain membaca, kegiatan apalagi yang dianjurkan untuk belajar filsafat?, Filsafat merupakan hidup. Hidup itu lengkap,tidak hanya membaca. Ilmu itu bila dibelah jadi 2 sesuai dengan yangdi sarankan atau yang sudah diterangkan dari jaman yunani sampai jaman kontemporer . dari hakikat yang ada dan yang mungkin ada. idealnya diatas berarti diatas kemudian realism yang dibawah itu adalah yangmenggambarkan hidup yang mestinya kita jalani . Hidup itu juga ada yang tetap ,ada yang berubah. setinggi apapun dirimu adalah manusia. Itulah ketetapannya. Tetapi ternyata dirimu tidak bisa memunculkan ilmu dirimu sendiri karena dirimu selalu berubah. Itulah juga ketetapan . jadi, tetap dan berubah itu bersinergi,berinteraksi,berhermenetika. Hidup ini adalah komunikasi antara tetap dan berubah. Itu baru dari tetap dan  berubah. Padahal hidup ini juga interaksi antara idealis dan realis. Dirimu hanya mimpi. Akan tetapi dirimu harus jalani. Ternyata hidup ini juga analitik dan sintetik,transenden dan empiris,rasio dan pengalaman dan seterusnya. Didalam filsafat, Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar